.
Hukum Menikah - myislami.my.id

Hukum Menikah

 Nikah & Hukumnya

Sahabat semua yang saya hormati.

Bila anda ingin menikah atau sudah menikah tapi anda belum mengerti apa yang harus anda lakukan.semoga artikel ini ada manfaatnya untuk Anda semua

p>Sesungguhnya nikah dapat di ketahui hukum hukumnya menjadi 5 hukum:


1. Wajib, Bagi orang yang mengharapkan keturunan, takut akan berbuat zina jika tidak nikah.

p>Bila anda sudah cukup umur lalu anda susah untuk mengatur napsu diri dan takut melukan zina alangkah baiknya anda segera menikah . Karena bila dia tidak menikah akan mengakibatkan kehidupannya lebih fatal dan akan merusak daya fikir dan kelihatannya dalam sehari-hari


2. Sunah, Bagi orang yang ingin punya keturunan, dan ia tidak takut akan berbuat zina jika tidak nikah, baik dia ingin atau tidak, meskipun pernikahannya akan memutuskan ibadah yang tidak wajib.

Ini memiliki maksud bahwasanya apabila seorang yang mampu menikah lalu dia mampu untuk bisa menahan dirinya dari perbuatan zina maka dia disunahkan untuk menikah

3. Makruh, Bagi orang yang tidak mau menikah dan tidak mengharapkan keturunan, dan pernikahan tersebut dapat memutuskan ibadah yang tidak wajib.


4. Mubah, Bagi orang yang tidak takut akan zina, tidak berharap keturunan, dan tidak memutuskan ibadah yang tidak wajib.

Mereka orang yang mampu menikah tetapi dia tidak takut dari perbuatan zina (menahan zina atau dari berbuat zina) dan dia tidak mengharapkan suatu keturunan maka hukumnya dia mubah untuk menikah

5. Haram, Bagi orang yang membahayakan wanita, karena tidak ada kemampuan melakukan senggama, tidak mampu memberi nafkah atau memiliki pekerjaan haram, meskipun ia ingin menikah dan tidak takut berbuat zina.



Pembagian hukum ini juga berlaku bagi seorang wanita, dan menambahi Ibnu Arofah dengan hukum yang lain di dalam wajibnya nikah bagi wanita yang lemah dalam memelihara dirinya dan tidak ada benteng lain kecuali nikah.


Didalam pembagian hukum nikah yang lima itu, Syekh Al-Alamah Al-Hadari menazhamkan-nya dalam bentuk bahar rajaz sebagai berikut:


واجب على الذي يخشى الزنا # تزوج بكل حال امكنا


”Wajib bagi yang takut berbuat zina # untuk menikah kapan saja waktunya asal memungkinkan”


وزيد في النساء فقد المال # وليس منفق سوى الرجال


"Nikah wajib bagi wanita, yang tidak memiliki harta # karena tidak ada kewajiban memberi nafkah, selain bagi pria".


وفي ضياع واجب و النفقة # من الخبيث حرمة متفقه


"Jika kewajiban tersebut diabaikan, menafkahi istri # dari jalan haram, para ulama berpendapat maka nikah hukumnya haram"


. لراغب أو راجي نسل يندب # وإن به يضيع مالايجب


"Bagi berkeinginan menikah, atau ingin punya anak, disunahkan untuk menikah # meskipun amal yang tidak wajib menjadi sia-sia sebab nikah"


ويكره ان به يضيع النفل # وليس لفيه رغبة او نسل


"Dan di makruhkan nikah apabila bisa meninggalkan ibadah yang sunah # sedang ia tidak ingin menikah, dan tidak ingin punya keturunan".


وان انتفى ما يقتضى حكمًا مضى # جاز النكاح با لسوى المرتضى


"Jika penyebab hukum tidak ada # maka nikah atau tidak, maka dihukumi mubah".

Menikah adalah  salah satu jalan keluar umat Islam untuk menjauhi dari perkara-perkara yang mungkar atau dari perbuatan zina. bila anda mampu untuk menghindari dari perbuatan perbuatan zina,kita bisa untuk menjalankan ibadah puasa puasa Senin Kamis atau puasa sunah lainnya.oleh karena itu bagi pemuda-pemudi umat Islam bilamana anda sudah cukup umur dan anda yakin bahwasanya segala sesuatu itu adalah ah ada yang mengatur soal rezeki sehat kuat dan jodoh kita sebagai umat Islam hanya bisa berusaha dan berikhtiar menjalankan sunnah sunnah Rasul dan menjalankan perintahnya Allah yaitu beribadah kepada Allah.

Semoga manfaat 

Bila ada saran dan kritik silahkan anda 

Komentar.

https://www.effectivecpmgate.com/d4qe2gx889?key=1b5fd16d30bc64e889b7bef3b2b4a4e5

LihatTutupKomentar
ca-app-pub-9675345523973259/5045491350